Blog

Kisah Wali Songo

Saturday, March 26th, 2016

Wali songo berarti sembilan orang wali, yaitu Maulana Malik Ibrahim, Sunan Ampel, Sunan Giri, Sunan Bonang, Sunan Dradjad, Sunan Kalijaga, Sunan Kudus, Sunan Muria, serta Sunan Gunung Jati.

Jika kita mempelajari sejarah penyebaran islam di nusantara khususnya pulau jawa, maka tidak lepas dari kisah-kisah para walisongo atau sembilan wali. Karena Walisongo merupakan simbol penyebaran Islam di Indonesia, khususnya di Jawa. Pada era berakhirnya dominasi kerajaan Hindu-Budha di nusantara, yang kemudian digantikan dengan kebudayaan islam. Tokoh pendahulu walisongo yaitu Syekh Jumadil Qubro yang merupakan anak dari seorang Putri Kelantan Tua/Putri Saadong II yaitu Puteri Selindung Bulan.

ANGGOTA WALI SONGO

Dari nama para Walisongo tersebut, pada umumnya terdapat sembilan nama yang dikenal sebagai anggota Walisongo yang paling terkenal, yaitu

  1. Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim – Gapura Wetan, Gresik
  2. Sunan Ampel atau Raden Rahmat – Ampeldenta, Surabaya
  3. Sunan Bonang atau Raden Makhdum Ibrahim – Tuban
  4. Sunan Drajat atau Raden Qasim – Paciran
  5. Sunan Kudus atau Ja’far Shadiq -Kudus
  6. Sunan Giri atau Raden Paku atau Ainul Yaqin – Giri, Gresik
  7. Sunan Kalijaga atau Raden Said – Kadilangu, Demak
  8. Sunan Muria atau Raden Umar Said – Kolo, Gunung Muria
  9. Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah – Gunung Sembung, Cirebon

 
Dalam kisah-kisah walisongo, disebutkan bahwa para sembilan wali tidak hidup pada saat yang persis bersamaan. Namun satu sama lain mempunyai keterkaitan erat, bila tidak dalam ikatan darah juga dalam hubungan guru- murid. Masing-masing tokoh tersebut mempunyai peran yang unik dalam penyebaran Islam.

Mereka tinggal di pantai utara Jawa dari awal abad 15 hingga pertengahan abad 16, di tiga wilayah penting. Yakni Surabaya-Gresik-Lamongan di Jawa Timur, Demak-Kudus-Muria di Jawa Tengah, serta Cirebon di Jawa Barat. Mereka adalah para intelektual yang menjadi pembaharu masyarakat pada masanya. Mereka mengenalkan berbagai bentuk peradaban baru: mulai dari kesehatan, bercocok tanam, niaga, kebudayaan dan kesenian, kemasyarakatan hingga pemerintahan.

Silsilah Wali Songo

Silsilah Wali Songo

Masing-masing tokoh tersebut mempunyai peran yang unik dalam penyebaran Islam. Mulai dari Maulana Malik Ibrahim yang menempatkan diri sebagai tabib bagi Kerajaan Hindu Majapahit; Sunan Giri yang disebut para kolonialis sebagai “paus dari Timur” hingga Sunan Kalijaga yang mencipta karya kesenian dengan menggunakan nuansa yang dapat dipahami masyarakat Jawa, yakni nuansa Hindu dan Budha.

Leave a Comment